Senin, 14 Juli 2014

jurnal refleksi minggu ke 1 - teori five force michael porter



Pada minggu pertama ini dibahas mengenai costumer needs, company and competitiot.
Saya terterik sekali dengan company analysis yakni teori Michael porter Teori tersebut sangat terkenal dengan istilah Porter Five Forces Model yakni ada lima kekuatan yg menentukan karakteristik suatu industri, yaitu :
 

1)      intensitas persaingan antar pemain yg ada saat ini,
2)      ancaman masuk pendatang baru,
3)      kekuatan tawar menawar pemasok,
4)      kekuatan tawar pembeli, dan
5)      ancaman produk pengganti.



Hal itu saya refleksikan pada usaha waralaba yang baru berdiri di sekitar kampus saya, family mart. Family mart suatu waralaba yang berkonsep sama seperti Lawson, seven eleven, atau semacamnya yang berkonsep store namun ada tempat untuk nongkrong, free wifi dan sebagainya. Sebelumnya di dekat kampus saya hanya ada 1 waralaba dengan konsep seperti itu yakni Lawson. Dengan hadirnya family mart , Lawson di kampus saya menjadi sepi pengunjung karena family mart lebih memiliki keunggulan dari segi tempat lebih nyaman, wifi lebih baik dan di family mart ada nobar seperti acara nonton bola bersama yang mana tidak dihadirkan di Lawson. Akhirnya lama kelamaan Lawson membuat strategi  dengan mendiskon banyak sekali produk yang mereka tawarkan untuk menarik pengunjung Tetapi hingga saat ini pun family mart masih tetap unggul dan jauh lebih bisa menarik pengunjung.mungkin salah satu penyebabnya juga store atmosphere pada lawson yang sudah usang.

Tidak ada komentar: