Sabtu, 26 Juli 2014

jurnal refleksi analisis swot pada saung angklung udjo


pada jurnal refleksi minggu kedua tentang analisis swot ini, saya akan merefleksikan pada salah satu usaha tempat wisata di bandung yaki Saung Angklung Udjo (SAU). Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan salah satu objek wisata budaya yang ada di Bandung. Didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena dan istrinya Uum Sumiati, dengan maksud untuk melestarikan dan memelihara seni dan kebudayaan tradisional Sunda. dengan konsep One-Stop place yang didukung atmosfer segar Tata Parahyangan di kawasan Bandung Timur, SAU menjadi sebuah tempat tujuan wisata yang cukup digemari karena kekentalan budaya yang bisa dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung. SAU telah menjadi laboratorium pendidikan, sanggar dan pertunjukan seni, sekaligus sebagai objek wisata budaya khas daerah Jawa Barat dengan mengandalkan semangat gotong royong antar sesama warga desa. 

berikut analisis swot SAU


Strong
Weakness

·         Angklung Sudah mulai dikenal di negara lain
·         Brand SAU yang terkenal
·         Fasilitas yang lengkap dan disediakannya sekolah Angklung
·         Pusat kerajinan dan alat musik bambu
·         SAU sebagai market leader bisnis pertunjukan angklung
·         Saung Angklung Udjo yang merupakan one-stop place

·         Kurangnya Signed Direction di kota Bandung
·         Kurangnya minat penduduk local dalam melestarikan budaya Sunda
·         Jumlah pengunjung yang masih kurang stabil
·         Kurangnya kapasitas ruang pertunjukan
Opportunity
Threats
·         Angklung banyak diminati dan dicari oleh wisatawan Di Negara Lain
·         Salah satu Kesenian yang menarik
·         Meningkatnya penduduk local di daerah Bandung
·         Permainan Angklung yang dijadikan hobby untuk masyarakat
·         Generasi muda sekarang kurang berperan terhadap Kesenian Angklung
·         Kurangnya perhatian masyarakat terhadap Kesenian sehingga hampir di klaim oleh negara lain.

  



























Strategi S-O

Memaksimalkan program Angklung ke sekolah di Indonesia

Melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengadakan ekskul

Melakukan kerjasama dengan tempat wisata di JawaBarat



Strategi W-O

Merekrut remaja Bandung untuk ikut serta dalam sekolah Udjo

Mendorong masyarakat sekitar dengan mengadakan festival budaya Angklung

 Mengikutsertakan masyarakat Bandung dalam pertunjukan seni di SAU



Strategi S-T

Mengembangkan produk baru yang inovatif dan kreatif

 Memperluas ruang pertunjukan yang kedap suara



Strategi W-T

 Merubah konsep pertunjukan sesuai dengan trendnya

Pertunjukan Angklung dengan kombinasi music Jazz

Tidak ada komentar: