Banyak sekali materi baru seputar dunia entrepreneurship
yang saya dapatkan di minggu ketiga ini. Jika saya refleksikan pada bisnis yang
saya jalani sekarang yakni bisnis online, banyak sekali hal-hal yang harus saya
perbaiki agar bisa lebih berkembang dengan baik J
Seperti mengenai teori efektual yang dipaparkan oleh pak Nur
Agustinus. Bagaimana kita dapat berfikir secara efektual dengan 5 prinsip yang
ada, yaitu:
- Bird in hand, salah satu ungkapan dalam lingkungan di Amerika yang berarti tentang apa saja yang dimiliki oleh kita. Siapa diri saya, apa yang bisa saya lakukan dan siapa yang saya kenal.- affordable loss, artinya sejauh mana entrepreneur itu siap menanggung kerugian.- lemonade principle, merupakan ungkapan yang ada di Amerika, yaitu ketika hidup terasa seperti lemon, lemon berarti kecut, yang rasanya kecut, buatlah menjadi lemonade. Entrepreneur harus tahan banting dan uji dengan setiap keadaan yang ada lalu dari situ bisa menjadi sesuatu yang bisa berdampak lebih baik.- Crazy quilt, kumpulan dari perca-perca kain yang dijahit sehingga menghasilkan sebuah selimut yang indah. Artinya adalah seorang entrepreneur harus bisa membangun network- Pilot In The Plane, hidup kita ini adalah sebuah pesawat dimana kita adalah pilotnya. Maka, kita lah yang menentukan pesawat kita ini mau ke mana.
Selanjutnya dari pak Antonius Tanan yang menceritakan
kisah cerita Mas Joko. Ceritanya sangaat
menarik sekali. Dari kedua hal tersebut serta materi dan pengalaman yang
dipaparkan oleh ibu Martha Tilaar, whidya utami, pak Sudhamek, dll. Saya menyadari
bahwa perjalanan untuk menjadi seorang itu masih sangat panjang.
Seperti saya
saat ini mempunyai bisnis online yang bernama “unisxhop” dari kata unisex shop. penjualan saya di pertengahan bulan ini memang meningkat 10%
dibandingkan bulan februari lalu, namun walaupun meningkat tetap saja jauh dari
target yang saya perkirakan. Tema pada minggu ketiga ini resource managemet membuat
saya sangat termotivasi lagi untuk lebih mengembangkan bisnis online saya
dengan modal-modal yang sudah saya miliki. Berefleksi pada kisah mas joko, saya
merasa belum menerapkan seutuhnya rumus ABBA. Amati, Bertanya, Berdiskusi, dan
Analisa.
mengamati dengan menggunakan lima panca indera, sesuatu hal yang belum terpikirkan oleh saya
sebelumnya untuk pengembangan bisnis online saya. Karena selama ini saya hanya
meniru hal-hal yang dilakukan oleh online shop lain tanpa mengamati produk yang
saya tawarkan, karena beda produk tentunya beda strategi pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar