bauran pemasaran
yang terdiri dari product, price,
place, dan promotion (4P) seiring perkembangan jaman dan
tuntutan pasar yang senantiasa mengalami perkembangan telah mengalami evolusi
dan terus berkembang searah dengan perkembangan perilaku konsumen dan
kecerdasan para ahli pemasaran. Berkembangnya marketing mix pun bermacam-macam
dari 4p hingga 8p. konsep marketing mix lumrah digunakan oleh semua jenis usaha
untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan STP yang
diidentifikasi.
Seperti
pada jurnal refleksi sebelumnya saya merefleksikannya pada Saung Angklung Udjo
(SAU)
PRODUCT
Produk
yang ditawarkan Saung Angklung Udjo adalah produk jasa berupa pertunjukan
memukau dari kesenian Sunda, yang terdiri dari dua macam, yaitu pertunjukan
internal dan eksternal dan terus diinovasikan hingga saat ini antara lain
perertunjukan internal diantaranya yaitu Pertunjukan Bambu Petang, Setengah
Hari di Saung Angklung Udjo, dan Workshop Saung Angklung Udjo (Peserta belajar
membuat sendiri angklung). Sedangkan
untuk pertunjukan eksternal diantaranya yaitu Iwung (pertunjukan interaktif
dengan peserta), Awi (pertunjukan interaktif dan orkestra), Gombong, Arumba,
dan pertunjukan seni Sunda yang lainya.Selain itu, Saung Angklung Udjo juga
terus mengembangkan usaha dibidang yang lain. Diantaranya yaitu toko Souvenir
Saung Angklung Udjo (menjual alat-alat musik bambu, suvenir pernikahan,
cinderemata, dan stasioner), Guest House (Penginapan), Bale Karesmen (untuk
kebutuhan acara-acara), dan F&B (masakan khas Sunda). Yang
saya ketahui, SAU ini dibentuk untuk memperkenalkan kesenian sunda sehingga
tergetnya lebih pada warga Indonesia yang belum mengenal kebudayaan sunda dan
warga asing yang berkunjung atau tourist serta pelajar-pelajar indonesia sehingga
pertunjukannya kesenian sunda seperti angklung ini diadakan setiap hari
PRICE
Price
(Harga) merupakan variable yang cukup berpengaruh bagi konsumen. Dimana harga
tiket masuk Saung Angklung Udjo ini relative dapat merangkul dari semua jenis
kalangan. Dengan harga tiket masuk untuk Dewasa (WNI) sebesar Rp60.000. dan
(WNA) Rp100.000. sedangkan untuk Pelajar/mahasiswa (WNI) tiket seharga Rp40.000.
dan WNA Rp60.000. Semua harga tersebut berlaku sama untuk weekdays maupun
weekend . Harga tiket termasuk w elc o m e d rin k (dengan pilihan: es lilin,
teh, air mineral) dan gantungan angklung kecil. Bagi yang menginginkan paket
khusus untuk mempelajari angklung lebih dalam lagi bisa menghubungi bagian
marketing.
PLACE
Place
(Tempat) Menurut Kotler (2005 : 17) Tempat termaksud berbagai aktivitas yang dilakukan perusahaan
untuk membuta produk dapat di peroleh dan tersedia bagi pelanggan sasaran.
Saung angklung udjo berada di Tatar Parahyangan di kawasan Bandung Timur,
tepatnya di Jl. Padasuka 118 Bandung, dimana tempat tersebut tepat untuk
menikmati keunikan dari khas sunda. Tempat Saung Angklung Udjo ini mudah di
jangkau karena letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Bandung. dan SAU sudah memasang banyak sekali signed ke arah SAU
PROMOTION
Promosi yang
dilakukan oleh SAU cukup agresif karena SAU ini sudah multinasional salah satunya seperti pertukaran pelajar kebudayaan..
terimakasih salam entreprenuer..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar